Irwan Prayitno: Festival Lagu Elly Kasim Motivasi Generasi Muda Lestarikan Lagu Pop Minang


Acara Festival Pop Minang Lagu-lagu Elly Kasim ini amat bermanfaat dalam memotivasi generasi muda untuk melestarikan lagu-lagu pop Minang yang juga merupakan perkembangan seni budaya Minang dari masa ke masa. Setiap peserta mungkin tidak dapat menyaingi cara dan karakter Uni Elly Kasim melantunkan lagu-lagunya, namun tekad generasi muda untuk berekspresi dengan gaya dan karakter sendiri itu malah lebih baik demi kejayaan lagu-lagu Minang itu sendiri.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutan ketika menutup acara festival Pop Minang Lagu Elly Kasim antar SLTA se-Sumatera Barat di Lapangan Mahoni Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Minggu (18/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Sesepuh Minang  Azwar Anas, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Bupati Indra Catri, Bupati Nasrul Abit, Bupati Muzni Zakaria, Kadis Pariwisata seni dan Budaya Drs. Burhasman Bur, MM, Kadis Sosial Abdul Gafar,SE, MM, Ketua Penggerak PKK Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua BKOW Ny. Ida Muslim Kasim, Elly Kasim, dan Wartawan Senior Basril Djabar.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, dengan adanya festival ini akan melahirkan penyanyi-penyanyi baru yang berbakat, yang mampu nanti dapat terus melestarikan lagu-lagu Minang yang merupakan kebanggaan kita bersama. Lagu-lagu Minang mesti selalu ada di hati setiap orang minang, sebagai jatidiri dan martabat daerah. 

Selain itu Pemprov Sumbar amat mensupport kegiatan seperti ini sebagai bahagian upaya memajukan lagu-lagu Minang populer di tingkat nasional. Kita akan berupaya memberikan kesempatan bagi yang berpretasi lebih baik dalam dunia tarik suara ini. Minimal kita akan memberi ruang bagi mereka untuk tampil dalam rangka memeriahkan acara atau kegiatan di daerah ini.

Pemprov juga mendorong tumbuhnya para pencipta lagu-lagu Minang yang sesuai dengan budaya dan karakteristik orang Minang itu sendiri, sehingga generasi kita masih punya pedoman bagaimana orang-orang Minang itu berkesenian dan melantunkan ciri khas karakteristik orang Minang itu sendiri. Kita berharap lagu-lagu Minang dapat dihargai oleh orang Minang itu sendiri, baik di daerah maupun di perantauan, ajaknya

Irwan Prayitno juga menyampaikan kegiatan ini dapat melahirkan talenta pop Minang baru. Bisa melestarikan budaya Minang di kalangan remaja, sekaligus memperkuat  identitas daerah Minangkabau. Festival ini menumbuhkan pariwisata dan ekonomi rakyat. Melahirkan penyanyi pop Minang yang mewarisi kemampuan dan kesuksesan Uni Elly Kasim, bisa berkiprah di tingkat nasional ataupun internasional.

Selain itu, kita juga mendukung dibangunnya museum memorial Elly Kasim, sebagai bahagian dari catatan sejarah perjalanan lagu-lagu populer pop Minang yang telah menasional dengan cengkok khas yang unik dan menarik. Mudah-mudah ini semua dapat menjadi inspirasi bagi semua orang untuk kebaikan pembangunan di Sumatera Barat, harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Elly Kasim juga mengisahkan 2 bulan lalu mahasiswa UNP asal Agam menemuinya menyampaikan ide menggelar festival lagu minang Elly Kasim yang pernah dilantunkan. Menurutnya ide dimaksud patut diapresiasi, karena dapat melahirkan talenta baru. Diharapkan iven ini bisa menjadi iven tahunan, dengan piala bergilir “ciri khas Minang” dan dilaksanakan bergilir di Kabupaten/Kota lain, tidak hanya di Agam. Bupati Solok Selatan Musni Zakaria menyatakan siap menjadi tuan rumah tahun depan.

Bupati Agam Indra Catri juga menyampaikan iven ini tidak hanya sekedar mencari pemenang, tetapi untuk mendorong bakat penyanyi muda Minang. Kita juga berharap Uni Elly Kasim sebagai anak rang Tiku ini, dapat menjadi spirit dan penyemangat kemajuan pembangunan di kabupaten Agam, hari ini dan masa datang.

Hasil pemenang festival pop Minang lagu Elly Kasim sebagai berikut :

Juara Umum : Wulandhari (MAN 1 Payakumbuh)
Putra :
juara 1 : Efrinaldi (SMA 1 Lubuk Basung)
juara 2 : Afrinaldi Juanda (SMA 2 Lubuk Basung)
juara 3 : Soni (SMA 1 Lubuk Basung)
Putri :
juara 1 :Wulandhari (MAN 1 Payakumbuh)

juara 2 :  Irma Yunita (SMA 4 Koto)
juara 3 : Irma Yona (SMA 1 Nansabaris)
juara umum piala bergilir dari penyanyi Minang Elly Kasim,

juara 1 piala dari Gubernur,

juara 2 Wakil Gubernur,

juara 3 dari Bupati Agam.

 [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s