Irwan Prayitno: Pemimpin Mesti Mampu Berikan Jaminan kepada Masyarakat untuk Berusaha


Kita bangga dengan tingkat partisipasi masyarakat Nagari Koto Tinggi yang telah melakukan berbagai terobosan yang baik dalam memanfaatan lahan-lahan kosong menjadi potensi ekonomi yang tinggi. Salah satunya ada pada Koperasi Unit Desa Lubuk Karya yang telah mengintegrasikan Kebun Sawit dengan Ternak Sapi dan Ikan.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayinto ketika kunjungan kerja di Nagari Koto Tinggi Dhamasraya, Kamis (29/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Adi Gunawan, Kadis Perikanan Ir. Yosmeri, Kadis ESDM Ir. Marzuki Hadi, Kabag Pemerintahan Nagari, Mhd Yani, SH, beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Dhamasraya, Walinagari dan tokoh-tokoh masyarakat Nagari Koto Tinggi.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, dari laporan ketua KUD Lubuk Karya ternyata di daerah ini telah beredar dana transaksi sebesar Rp. 5-6 Miliar perbulan. Dengan hasil kebun sawit 1.600 ton perbulan, ikan 35 ton perbulan. Sementara masih ada lahan untuk pengembangan ikan sekitar 150 Ha. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita dan dapat menjadi percontohan bagi nagari-nagari lain dalam memajukan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Sapi juga kita lihat terus berkembang dengan baik, walau itu merupakan inisiatif kelompok masyarakat tanpa bantuan dari pemerintah daerah. Hal ini tentu perlu juga pengembangan dengan lebih baik, bagaimana pemkab Dhamasraya dapat bernegoisasi dengan pihak Perusahaan Sawit setempat untuk memberikan bantuan CSR mereka kepada masyarakat setempat. 

Kemandirian masyarakat Nagari Koto Tinggi perlu menjadi inspirasi kita bersama, bagaimana peran Walinagari, Pemkab Dhamasraya memimpin masyarakat untuk dapat hidup semakin sejahtera. Sesungguhnya sebagai pemimpin kita mesti mampu memberikan jaminan kepada masyarakat untuk berusaha, jika ada masyarakat di daerahnya yang tidak makan tentu ini akan menjadi tanggung jawab sebagai pemimpin, ujarnya. 

Irwan Juga menyampaikan keberhasilan masyarakat Nagari Koto Tinggi dan KUDnya agar terus mampu menjaga kepercayaan perbankan dan berbagai pihak dengan baik, mudah-mudah ini akan menjadi amalan motivasi bagi yang lain untuk maju bersama dalam meningkatkan pembangunan di Sumatera Barat. 

Telah banyak bukti nagari yang sukses dan maju itu merupakan kesungguhan para pemimpin daerahnya dan tingkat partisipasi masyarakat ikut serta dalam memajukan kampung halamannya. Kekuatan Sosial Capital ini mesti terus dikembangkan dengan baik, hanya dengan kebersamaan kita dapat memajukan pembangunan Sumatera Barat, menuju masyarakat madani yang mandiri dan sejahtera, katanya. [humas]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s