Irwan Prayitno: Camat Harus Menjadi Pengambil Keputusan yang Baik


Camat harus bisa menjadi pengambil keputusan yang baik dan tersistem dengan peraturan serta kebijakan pimpinan. Dapat kita ibaratkan sebagai remote control yang baik dan tersistem dengan benar. Hal tersebut akan berdampak dengan terciptanya profesionalitas aparatur yang baik di dalam tupoksinya.

Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, ketika membuka rakor penyelenggaraan pemerintahan daerah , Gubernur dengan Camat Se-Sumatera Barat, minggu malam di Balai Sidang Bung Hatta, Bukittinggi (1/4). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Plh Sekda Prov. Sumbar, Asisten II, Asisten III Setda Prov. Sumatra Barat, Sejumlah Kepala Dinas dan Biro Provinsi Sumatera Barat serta seluruh Camat dan Kabag. Pemerintahan Kab/Kota se-Sumatera Barat.

Gubernur mengatakan bahwa peran serta camat dalam kegiatan pembangunan harus lebih ditingkatkan lagi. Pemahaman tentang kegiatan pemerintahan yakni pelayanan masyarakat harus kita pahami bersama. Karena memang itulah tujuan akhir dari semua kegiatan pemerintahan.

Kita tidak menutup mata, bahwa masih banyak masalah-masalah dan kendala yang timbul dari setiap kegiatan pemerintahan. Namun semuanya harus kita pikul dan tanggung bersama. Pada rakor ini juga diharapkan camat dapat menyampaikan segala permasalahan yang riil yang ada di masyarakat, di samping potensi-potensi kegagalan penerapan program yang mungkin muncul di lapangan nantinya, sehingga dapat menjadi masukan yang berharga bagi pemerintah provinsi, kab/kota lainnya dalam upaya mewujudkan pembangunan yang benar-benar tepat sasaran lanjut Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan, bahwa dalam salah satu program besar pemerintah sekarang , yakni E-KTP dimana sampai sekarang terdata bahwa tingkat pelaksanaan E-KTP , Provinsi Sumatera Barat berada di urutan ke-2 di indonesia di bawah Provinsi Bangka Belitung. Ini merupakan sebuah modal berharga bagi kita semua. Karena bagaimanapun tujuan dari pelaksanaan E-KTP tersebut adalah terdatanya jumlah penduduk kemudian penyiapan pelayanan-pelayanan yang terbaik bagi penduduk tersebut. Melihat Provinsi Sumatera Barat telah memperlihatkan prestasinya sebagai nomor -2 di Indonesia dalam penyiapkan penerapan E-KTP, dapat diartikan bahwa Sumatera Barat telah bersiap untuk mewujudkan setiap pelayanan publik kepada masyarakat secara baik dan profesional. 

Dalam upaya mewujudkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan berdaya guna akan banyak halang rintangnya. Namun Gubernur yakin dengan keterlibatan seluruh pihak dalam persiapan kebijakan dan pelayanan yang tepat sasaran, akan mampu memberikan peningkatan kualitas pembangunan dan kemasyarakatan secara langsung kepada rakyat, harap Gubernur. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s