Irwan Prayitno: Peningkatan Produksi Padi Masih Dapat Dilakukan


Kegiatan Tanam  SL-PTT model ini untuk peningkatan produktivitas dan peningkatan indeks pertanaman (IP), di mana Kabupaten Pessel mendapatkan alokasi kedua model tersebut wajib kita sukseskan. Di samping untuk meningkatkan produksi padi di Pesisir Selatan khususnya dan di Sumatera Barat umumnya, keberhasilan program ini akan memberi gambaran kepada petani/masyarakat kita bahwa peningkatkan produksi padi masih dapat dilakukan melalui peningkatan produktivitas dan peningkatan IP.

Ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ketika menghadiri acara Tanam Perdana SL-PTT Model Peningkatan Produktivitas dan Peningkatan Indeks pertanaman (IP), di Kec. Batang Kapas, Kab. Pessel Senin Siang (2/4). Ikut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Prov. Sumatera Barat, Bupati Pessel, Sejumlah SKPD Provinsi dan Kab. Pessel.

Gubernur menyatakan bahwa program utama sub sektor tanaman pangan adalah pencapaian swasembada pangan dan swasembada pangan berkelanjutan khususnya padi dalam upaya mencapai surplus 10 juta ton beras tahun 2014. Produksi padi/beras setiap tahunnya harus meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dan pendapatan masyarakat, sehingga ketahanan pangan masyarakat dapat terjamin.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan sebagai salah satu provinsi penyanggah produksi padi nasional, Sumatera Barat juga harus menyediakan surplus beras dalam upaya menjaga ketahanan pangan. target surplus beras dalam upaya tercapainya surplus 10 juta ton beras tahun 2014 adalah sebesar 846 ribu ton beras.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyerahkan bantuan  sejumlah alat-alat pertanian, seperti traktor tangan, alat pengering padi dan serta buku tabungan bagi 12 Kelompok Tani. Diharapkan dengan bantuan pemerintah tersebut, para petani dapat lebih produktif lagi dalam menghasilkan di sektor pertanian ini. Apabila sebelumnya dalam 1 hektar bisa memanen padi sebanyak 5 ton, maka dengan bantuan ini diharapkan petani bisa menghasilkan padi lebih lagi dari 5 ton.

Dengan banyaknya bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah, diharapkan petani tidak lagi berleha-leha dalam bekerja, bisa lebih produktif dan kreatif dalam menghasilkan. Karena bagaimanapun itu hasilnya akan dinikmati oleh petani itu sendiri. Gubernur juga menyatakan, jika target 5 ton lebih tidak dapat terpenuhi tanpa alasan dan kendala yang jelas, semua bantuan peralatan akan ditarik lagi dan akan diberikan kepda kelompok tani lainnya yang lebih bersedia untuk bekerja secara produktif. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s