Sultani: Perlu Dijajaki Angkutan Kereta Barang untuk Mengurangi Kerusakan Jalan


Padang- Rapat Komisi III DPRD Sumbar dengan Dinas Perhubungan Provinsi beberapa waktu lalu membahas tentang LKPJ Gubernur Sumbar tahun 2011. Dari rapat tersebut diketahui bahwa sampai saat ini belum ada solusi yang mumpuni bagi angkutan barang di Sumatera Barat. Seperti diketahui saat ini barang-barang yang potensial bertonase besar dalam pengangkutannya seperti batu bara, CPO, semen masih diangkut dengan truk melalui jalan darat. Padahal Sumbar memiliki potensi angkutan barang yaitu kereta api.

Sultani pada 9/4 lalu, menyatakan, “Dinas Perhubungan Sumbar sebaiknya bekerjasama dengan PT KAI menjajaki pengoperasian kembali kereta api barang jalur Padang-Sawahlunto, Padang-Solok, Padang-Padang Panjang. Hal ini penting agar jalan/jalur darat terpelihara dari kerusakan struktur jalan, karena kerusakan jalan sebagian disebabkan oleh tonase muatan yang berlebih.”

Lanjut Sultani, yang juga merupakan anggota Komisi III dari PKS ini, “Organda Pusat mengapresiasi Gubernur Sumbar yang memberlakukan penertiban tonase kendaraan sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di mana Organda Pusat juga turut mendukung pembatasan tonase ini.”

Menurut Sultani, “Di sisi lain, anggota Komisi III DPRD juga mendukung surat edaran Gubernur Sumbar tentang penertiban tonase kendaraan di jalan. Bila diperlukan, Komisi III siap menambah anggaran bagi pelaksanaan surat edaran tersebut karena bagaimanapun untuk penertiban tonase perlu ada koordinasi dengan kepolisian, khususnya Ditlantas,” ujarnya. (dep)

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Sultani. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s