Irwan Prayitno: Kesuksesan yang Kami Lakukan Harus Ditopang oleh Penyuluh


Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan MoU dengan PT Indosat, ini terkait dengan pemberdayaan Penyuluh Pertanian di Sumatera Barat di bidang teknologi dan informasi.

Sebelumnya pemerintah provinsi juga telah membuat gerakan seperti, gerakan pensejahteraan petani, gerakan masyarakat pesisir dengan memberikan bantuan bibit pasca panen dari hulu sampai ke hilir. Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada acara Seminar dan Workshop Penyuluh Pertanian di Auditorium Gubernuran Padang. Kamis (19/4).

Lebih lanjut disampaikan Gubernur, kesuksesan yang kami lakukan haruslah ditopang oleh penyuluh. Oleh karena itu penyuluh haruslah mempunyai wawasan dan ilmu pengetahuan yang banyak tentang pertanian, baik melalui internet ataupun melalui media lainnya.

Penyuluh harus mampu menpergunakan teknologi dan informasi, tingkatkan kualitas diri penyuluh jangan cepat merasa puas tingkatkan pengetahuan dibidang teknologi dengan berbasis web atau internet.

Dikatakan Irwan Prayitno, menyingung tentang kelembagaan penyuluh di masing-masing kecamatan yang sampai saat ini belum tuntas, sebaiknya Bupati/Wako harus dapat memfasilitasinya sehingga peran dan tugas atau kelembagaan itu jangan di jadikan alasan dalam perkembangan pertanian.

Ir. Indratmo dari Kementerian Pertanian, mengatakan dengan adanya seminar dan workshop ini merupakan peran strategis penyuluh dalam mengembangkan pertanian.  Bahkan Provinsi Sumatera Barat yang pertama kali melakukan MoU dengan PT Indosat dalam pemberdayaan penyuluh di bidang teknologi dan Informasi.

Dikatakan lagi, dari 33 provinsi yang ada di Indonesia baru 22 provinsi yang mempunyai kelembangaan penyuluh itupun belum semuanya yang mempunyai Perda termasuk Sumatera Barat.

Director dan Chief Wholesale and Infrastructure Officer PT Indosat, Fadzri Sentosa menyampaikan sejalan dengan jangkauan komunikasi ke daerah-daerah melalui penyuluhan pertanian dapat kita kenalkan melalui portol atau web.

Perlu juga pelatihan bagi penyuluh untuk dapat menguasai teknologi dan informasi terutama di bidang pertanian, sehingga dapat meningkatkan perekonomian, ungkapnya. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s