Irwan Prayitno: Kesuksesan Training Renewable Energy Menentukan Kerjasama Selanjutnya


Padang – Program pelatihan /training ini sangat penting, mengingat Sumatera Barat memiliki potensi yang sangat besar di bidang renewable energy, mulai dari geothermal , hydropower, biomass, solar, biofuel, dan lain sebagainya. Namun dengan menyadari potensi yang besar ini belum termanfaatkan secara optimal, karena berbagai hal seperti SDM, modal, infrastruktur penunjang dan kebijakan yang mendukung. Oleh karena itu atas nama Pemprov. Sumbar , kami sangat mendukung sekali terlaksananya kegiatan training program bidang renewable energy di Bavaria-Jerman ini.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ketika memberikan sambutan pada acara pertemuan persiapan keberangkatan peserta training program bidang renewable energy di negara bagian Bavaria-Jerman, Rabu siang di Ruang Rapat Setda Prov. Sumbar (2/5).  Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Pasaman Barat, Wakil Bupati Padang Pariaman, Kepala Dinas PSDA Prov. Sumbar, Kepala Dinas ESDM, serta sejumlah anggota program training yang ikut berangkat ke Jerman nantinya.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan belajar mengenai pengembangan energi khususnya energi baru dan terbarukan memang sangat tepat dilaksanakan di Bavaria. Karena Bavaria adalah negara bagian  pertama di Jerman yang mengembangkan konsep renewable energy dan rationaled energy consumption (energy efficiency) yang sudah dimulai sejak 1978. Para peserta juga diharapkan untuk  juga bisa menambah pengetahuan di bidang selain energy, karena Bavaria juga adalah negara bagian dengan ekonomi termaju di Eropa (no 1) dan dunia ( No 9). Jadi bisa kita jadikan contoh untuk pengembangan di sektor-sektor yang bisa meningkatkan perekonomian di Sumatera Barat.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa kesuksesan pelaksanaan program training ini akan menentukan keberlanjutan kerjasama baik di bidang yang sama maupun di bidang lainnya pada tahun-tahun ke depan. Jadi diharapkan kepada para peserta program training ini, yang terdiri dari berbagai elemen (18 orang) , seperti eksekutif, pejabat pemerintah, unsur-unsur akademis, serta para pengusaha dan pihak swasta dapat belajar dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya ilmu pengetahuan yang didapatkan nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau , Suhermanto Raza juga menambahkan bahwa eksistensi negara Bavaria ini juga sudah teruji di negaranya sendiri. Berdasarkan data, renewable energy memenuhi 8% dari kebutuhan energi di negara bagian Bavaria. Nilai ini sangat besar jika dibandingkan dengan Negara Jerman secara keseluruhan, yang hanya mencapai 4,6% saja. Kemudian untuk pembangkit listrik tenaga air, 50% pembangkit tenaga air solar, dan 2/3 penggunaan geothermal energy di Jerman berada di Bavaria.  Jadi bisa kita lihat sendiri bahwa negara bagian Bavaria ini sudah dikategorikan ahli dan profesional untuk pengembangan potensi energi baru dan terbarukan.  [humasprov]

 

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s