Irwan Prayitno: Waqaf Peluang Besar untuk Mensejahterakan Masyarakat


Padang – Pengentasan kemiskinan memang dapat dilaksanakan dari berbagai macam cara, salah satu cara tersebut adalah dengan waqaf (shadaqah jariyah). Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari waqaf ini, mulai dari pengembangan dan pemberdayaan masyarakat baik dari segi sumber daya manusia maupun perekonomian. Selain akan mendapatkan pahala dari amal jariyah tersebut (private benefit) bagi seseorang yang mewaqafkan harta nya, namun juga akan berdampak luas dan besar bagi masyarakat yang menerima waqaf tersebut (social benefit). Ini adalah peluang besar bagi kita semua untuk bisa mensejahterakan masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat ketika memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Pengurus Badan Waqaf Indonesia (BWI) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Periode 2012-2015 serta Pencanangan Gerakan Waqaf Uang di Sumatera Barat. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Jum’at pagi , (25/5). Hadir dalam kesempatan tersebut  Kakanwil Kemenag Sumbar, Sekda Kota Padang, Pengurus BWI Pusat dan daerah, Perwakilan SKPD Prov. Sumbar dan perwakilan dari universitas-universitas di sumatera barat.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan bahwa potensi dari Waqaf ini pertahunnya bisa mencapai 3 triliun rupiah. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya potensi tersebut jika di implementasikan kepada hal-hal pengembangan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Program-program pengentasan kemiskinan pemerintah dapat terbantu pula dengan adanya potensi ini. karena dapat kita ketahui bersama bagaimana sulitnya mewujudkan program-program dan kegiatan pengentasan kemiskinan tersebut secara maksimal. Bukan karena tidak adanya upaya dari pemerintah, namun pemerintah, khususnya pemerintah daerah terkendala di dalam anggaran dana yang terbatas. Apalagi untuk  pemerintah kab/kota yang APBDnya terbatas.  Jadi Wakaf ini pun bisa kita katakan sebagai  bantuan  dalam upaya pemerintah  mewujudkan potensi dan mewujudkan kesejahteraan umum, yang juga sesuai dengan UU No 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.

Lebih Lanjut Irwan Prayitno mengatakan bahwa poin penting di dalam waqaf tersebut selain akan bisa mengentaskan kemiskinan, waqaf juga bermanfaat bagi si waqif (pemberi wakaf). Karena amalan wakaf adalah amal jariyah. Amal jariyah adalah amalan dan pahala yang tidak akan berhenti didapatkan seorang wakif meskipun dia telah meningggal dunia sekalipun. Artinya pahala tersebuit akan terus mengalir, selama harta ataupun benda yang telah diwakafkannya kepada nazhir (pengelola harta benda wakaf) terus menggunakan harta, benda mapun hasil dari kedua hal tersebut di dunia. Seperti yang dijabarkan dalam Al-Qur’an yakni “kejarlah kehidupan akhirat tanpa melupakan kehidupan dunia”.

Pada Kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan pengurus Perwakilan badan Wakaf Indonesia Prov. Sumbar dengan Susunan Anggota Sebagai Berikut:

A. Dewan pertimbangan

1. Ketua : Drs. H. Ismail Usman

2. Anggota : Prof. Dr. H. Makmur Syarif , MAg

                     Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib

 

B. Badan Pelaksana

1. Ketua : DR. Rozalinda , M.Ag

2. Wakil Ketua : H. Abdul Gaffar, SE, MM

3. Sekretaris : H. Hari Candra, MA

4. Bendahara : Drs. Risa Bur, Akt

 

C. Divisi-divisi

1. Pembina Nazhir : Drs. H. Alida Mukhtar

2. Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf : H. Ahmad Wira , MA.g, M.Si, Ph.d

                                                                     Drs. H. Yulius Said

3. Penelitian dan Pengembangan Wakaf : Drs. Alimin , Lc, MA.g

4. Humas : Veri Adrianus, Lc, MA.g

5. Kelembagaan : Drs. H. Amsarudin Chan

                             Desparika Metra, S.Ag

 [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s