Irwan Prayitno: Pemerintah Akan Terus Memantau Industri Perikanan


Pesisir Selatan – Pemerintah akan terus memantau kemajuan di industri perikanan baik dalam negeri maupun mancanegara, melihat bagaimana perkembangan pasar mengenai penjualan ikan-ikan yang sangat diminati pasar dan tentu yang mempunyai harga baik dan tinggi, supaya nantinya kita pemerintah provinsi dan kab/kota serta kementerian perikanan dan kelautan juga bisa mempersiapkan bibit-bibit ikan tersebut dan mensosialisasikannya kepada masyarakat. Ini dilakukan agar masyarakat juga mengerti dan paham, ikan apa saja yang memiliki harga jual yang tinggi dan bisa meningkatkan penjualan ikan mereka dan tentu insya Allah bisa mensejahterakan dan memajukan perekonomian masyarakat juga.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ketika melakukan kunjungan kerja pada acara Panen Ikan Kerapu, di Carocok, Pesisir Selatan (30/5). Hadir Pada kesempatan tersebut Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Yosmeri, Kepala Biro Humas Prov. Sumbar Surya Budhi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pesisir Selatan. 

Masyarakat juga nantinya bisa bekerjasama dengan berbagai instansi seperti bank untuk mendapatkan pinjaman untuk pakan ikan kemudian setelah panen baru kemudian membayar pinjaman tersebut. Dengan demikian diharapkan masyarakat sekitar pantai ikut secara perlahan dapat terbantukan juga perekonomiannya. Pemerintah di sini memberikan bantuan adalah bersifat stimulan saja, perangsang semangat masyarakat untuk mau berusaha, dan masyarakat nanti tentu harus bisa menggunakan dana stimulan tersebut dengan baik, serta menjaga dan memelihara. Dan untuk peminjaman dari bank, saya pikir ini adalah hal yang possible sekali, karena setelah panen, baru akan dibayarkan pinjaman tersebut. Contoh suksesnya pun sudah ada, seperti ada salah satu pembudidaya ikan kerapu di sini yang awalnya hanya punya satu lobang, akhirnya setelah beberapa kali panen, beliau bisa mengembangkan lobangnya hingga 27 lobang. Dan alhamdulillah hal tersebut berdampak baik bagi perekonomiannya. Kita harapkan masyarakat lainnya juga bisa termotivasi dengan hal yang telah di alami oleh pembudidaya ikan tersebut.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan potensi untuk ekspor ikan kerapu ini cukup baik dan menjanjikan, sampai sekarang setiap kali  para petani ikan ini panen siap terus untuk di ekspor ke berbagai negara melalui pesawat dan sebagainya. Untuk pengenalan dan sosialisasi potensi ikan kerapu ini tetap akan terus kita giatkan, baik itu untuk masyarakat sekitar maupun untuk para investor dalam dan luar negeri. Karena masih banyak lahan-lahan yang bisa kita jadikan tambak atau sumber budidaya ikan kerapu ini. 

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Pessel, Nasrul Abit yang mengatakan bahwa lahan untuk tambak masih banyak tersedia. Sampai saat ini telah ada 295 Keramba, dan tentu masih bisa di tambah lagi di lokasi dan lahan lainnya. Potensi untuk penjualan ikan kerapu ini memang sangat menjanjikan sekali. Untuk di keramba ini terdapat dua jenis ikan kerapu yang harga juallnya juga lumayan tinggi. Untuk harga Kerapu Macan harganya menjacapai 175 ribu, dan untuk kerapu bebek lebih tinggi lagi, sekitar 420 ribu. Maka  akan sangat besar sekali potensi untuk pengembangan ikan kerapu ini di Sumatera Barat, khususnya Pessel. Sebenarnya kita juga susah mendapatkan benih dan bibit tersebut, namun berkat bantuan pemerintah provinsi serta juga dari kalangan pengusaha juga telah menjanjikan untuk membantu, asalkan ada masyarakat, ada keramba, insya Allah nanti akan dibantu bibit dan benihnnya. Mudah-mudahan ke depannya masyarakat di sini juga dapat termotivasi dari bantuan-bantuan ini, khususnya nelayan tradisional yang masih memakai alat pancing hingga 6 mil, akan lebih terbantu dan saya kira juga akan lebih menjanjikan untuk membudidayakannya dari pada mencarinya ke laut.

 [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s