Sumbar Dapat Penghargaan Penyalur Dana BOS Tercepat


Jakarta – Sumbar kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, setelah Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mendapat penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai daerah tercepat dalam penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2012.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Boediono, saat puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional, Rabu (13/6) di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta.
Dalam sambutannya, Wakil Presiden mengatakan peringatan Hardiknas tahun ini patut disyukuri karena kembalinya fungsi kebudayaan bergabung ke Kementrian Pendidikan setelah terpisah lebih dari 10 tahun.

“Kita ingin generasi sekarang merupakan generasi emas, yang akan menentukan kemajuan bangsa. Generasi setelah ini, harus lebih baik dari generasi yang ada saat ini, caranya dengan pendidikan yang bermutu dan berkarakter,” kata Wapres.

Terkait penyatuan pendidikan dan kebudayaan, Wapres menyampaikan dalam pendidikan yang diharapkan tidak saja hasil Ujian Nasional, tapi juga karakter untuk menghasilkan calon generasi emas Indonesia.

“Ibarat dua keping mata uang. Keping satu dengan lainnya memiliki makna  dan nilai yang sama, tidak bisa dipisahkan karena di dalam proses  pendidikan ada penanaman nilai-nilai budaya,” ujar Wapres.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno seusai acara menyampaikan penghargaan ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Daerah dalam memperhatikan pendidikan. Karena dengan penyaluran BOS yang cepat, maka proses pendidikan di daerah tersebut tidak akan terganggu.

“Dengan tepat waktunya penyaluran dana BOS, maka proses pendidikan di suatu daerah akan terlaksana dengan baik. Sehingga kendala dalam operasional sekolah tidak sampai menganggu proses belajar mengajar,” kata Irwan Prayitno.

Dijelaskan Irwan, Sumbar saat ini mendapat penghargaan karena dinilai paling cepat dari 33 provinsi yang ada di Indonesia. Penghargaan ini juga pertama kali dilaksanakan dalam penyaluran BOS.

Selain Gubernur Sumbar, Gubernur yang juga mendapat penghargaan adalah dari DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan ini, juga diberikan penghargaan untuk lulusan terbaik di jenjang SMA, penghargaan diberikan kepada Triawati Octavia dengan nilai 58,6 (SMAN 2 Kuningan Jawa Barat), Novi Wulandari dengan nilai  58,5 (SMAN 2 Lamongan Jawa Timur), Kadek Dewi Ari Fransiska dengan nilai  58,5 (SMAN 4 Denpasar Bali), Florencia Irena dengan nilai 58,45 (SMA Santa Ursula DKI Jakarta), dan Anggi Arsandi Apriliyanto dengan nilai 58,45 (SMAN 2 Lamongan Jawa Timur).

Sedangkan, di jenjang SMK, penghargaan diberikan kepada Mutiarani dengan nilai 29,6 (SMKN 2 Semarang Jateng), Mifta Nurjanah dengan nilai 29,6 (SMK Mitar Batik Tasikmalaya Jabar), Roni Hadlan Akbar dengan nilai 29,6  (SMKN 1 Ketapang Jabar), Neni Yuliantika dengan nilai 29,4 (SMKN 7 Bandung Jabar), dan Erlyn Helina Febrianty dengan nilai 29,4 (SMKN 1  Sukabumi).

Wapres juga memberikan penghargaan kepada tiga siswa peraih medali emas Olimpiade Matematika yang berlangsung di Valcea Rumania tanggal 22-26 Maret 2012. Mereka adalah Ardianzka Mayreswara Raahmawatista (SD Islam Al Azhar Kemang Pratama Bekasi Jabar), Hans Mahadika Susanta Sanjaya (SD Sains Peter’s School Jakarta Utara), dan Gian Cordana Sanjaya (SD Marsudirini Jembrana Bali).

Selain itu, 10 mahasiswa penerima Bidik Misi yang mendapat indeks prestasi kumulatif (IPK) sempurna juga mendapat penghargaan. Penghargaan dari wapres juga diberikan kepada empat guru muda berdedikasi di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Penghargaan dari Wapres juga diberikan kepada tiga media massa terbaik dalam peliputan pendidikan yaitu Kompas, Republika, dan Seputar Indonesia. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s