Irwan Prayitno: Pelihara dan Jaga Kebersihan Pasar Agar Tidak Kumuh


Agam – Gubernur Sumatera Barat mengimbau kepada kabupaten/kota di Sumatera Barat mengelola pasar dengan baik. Ia menyampaikan banyak kab/kota pasarnya masih lanyah atau kumuh belum sempurna. Oleh karenanya pemerintah provinsi mohon dukungan dari pemerintah pusat untuk memberikan bantuan.

Hal ini disampaikan Irwan Prayitno ketika meresmikan Pasar Serikat Pakan Salasa Nagari Kamang dan Nagari Magek Kabupaten Agam Minggu siang (17/6). Hadir pada kesempatan itu Anggota DPR RI Refrizal, Anggota DPRD Novrison, Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Syafirman, SH pemuka dan tokoh masyarakat Agam.

Lebih jauh Gubernur mengatakan, pasar merupakan pusat pembelanjaan yang ada di nagari yang merupakan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang berjualan oleh karenanya perlu adannya manajemen dan pengurus yang lebih baik pula, apalagi Pasar Pakan Selasa Magek merupakan pasar perjuangan yang mempunyai sejarah sejak dulunya yang terkenal dengan Perang Kamangnya.

Oleh karenanya Gubernur melihat begitu pentingnya Pasar Pakan Salasa Magek ini, namun juga tak terlepas dari dukungan anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Agam serta Pemerintah maupun masyarakat, Tegas Irwan.

Ditambahkannya, apapun yang kita buat pastilah ada kekurangan, kekurangan itu Pemerintah Provinsi akan mengupayakan untuk lebih baik Pasar Pakan Salasa ini, maupun pasar-pasar yang ada di kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Dengan semakin banyak infrastuktur masyarakat yang terpenuhi semakin tumbuh pula perekonomian masyarakat, sehingga biaya kebutuhan kehidupan dapat pula terpenuhi, namun Gubernur juga mengingatkan kepada pengelola pasar nagari apapun yang menjadi unggulan di masing-masing nagari janganlah menjadi pesaing di nagari lain.

Pasar merupakan tulung punggung perekonomian masyarakat, oleh karenanya manfaatkanlah Pasar Pakan Salasa Magek ini dengan baik. Pelihara dan jaga kebersihan sehingga tidak terkesan kumuh, ungkap Irwan.

Ikut memberikan sambutan Bupati Agam, diungkapkannya masyarakat terus mengelola pasar nagari agar lebih baik, bersih dan terjaga pula keamanannya. Pemerintah Kabupaten akan membantu pengembangannya apabila memang sepantasnya untuk dikembangkan. Dari 49 pasar yang ada di Kabupaten Agam belum semuanya yang dapat terpenuhi oleh APBD Agam.

Oleh karenanya Pemda Agam melalui Pemda Provinsi bagaimana pemerintah pusat dapat memberikan bantuan termasuk pula manajemennya. Dengan adanya Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Pasar-Pasar Tradisional di Kabupaten Agam, ini mengisyaratkan bagaimana pula pasar itu dapat dikembangkan dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang ada.

Dengan telah diresmikan pasar ini, Pemerintah Kabupaten Agam memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berjuang dalam pembangunannya, dengan semangat Perang Kamangnya dan jangan berhenti sampai di situ, dan harapan kita semangat pembangunan tetap kita tingkatkan kedepannya, katanya mengakhiri. [humasprov]

 

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s