Riza Falepi Dilantik Menjadi Walikota Payakumbuh


Payakumbuh – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melantik Riza Falepi, ST,MT dan Drs. Suwandel Muchtar, MM  sebagai Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh terpilih periode 2012-2017 di Payakumbuh, Minggu (23/9).

Pelantikan didahului dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Payakumbuh yang dipimpin Wilman Sikuan, S.Sos, MM.  Saat pelantikan banyak dihadiri berbagai kalangan pejabat. Tampak hadir Ketua DPD RI Irman Gusman beserta anggota DPD RI, beberapa anggota DPR RI seperti Refrizal, Nudirman Munir, dan Chairul Anwar, DPRK Banda Aceh, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumatera Barat serta berbagai unsur.

Gubernur pada sambutannya menyampaikan, dengan banyaknya hadir Ketua dan para Anggota DPD dan DPR RI ini mengambarkan adanya dukungan yang besar kepada kedua pasangan ini,  apalagi Riza juga berasal dari anggota DPD RI. Apa yang telah didapat di sana dapat pula diimplementasikan di Payakumbuh.

Disampaikan Irwan, Pemerintah Provinsi juga memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pilkada dengan tertib, aman dan lancar. Begitu suksesnya hasil demokrasi ini mengambarkan kedewasaan masyarakat Payakumbuh, imbuh Gubernur.

Lebih lanjut, kepada mantan Walikota-Wawako Yosrizal Zain–Syamsul Bahri begitu banyak prestasi yang telah diraih selama menjabat di Kota Payakumbuh baik bidang pembangunan, kesehatan maupun pelayanan terhadap masyarakat dan telah mendorong  kemandirian masyarakat.

Konsep ini, harapan Gubernur, dapat dipertahankan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun prestasi yang telah diraih, seperti penghargaan Kota Sehat tingkat Pengembangan dari Presiden RI tahun 2007, Kota Sehat Tingkat Pengembangan dari Presiden RI tahun 2009, Kota Sehat Tingkat Pengembangan (wistara) dari Presiden Tahun 2011, Piala Adipura kategori Kota Sedang tahun 2007, 2008, 2009 dan 2012, Piagam Penghargaan Pelopor Sanitasi dari Presiden tahun 2009, Indonesia Green Regional Award (IGRA) dari Presiden tahun 2011, Kalpataru Ketegori Pembina Lingkungan Tahun 2012, Pengahargaan Adiwiyata (sekolah berwawasan lingkungan) tahun 2012 dan Millenium Development Goals Award tahun 2012.

Disamping itu Kota Payakumbuh yang letaknya sangat strategis dalam tatanan peta ekonomi makro Sumatera Barat, yang berdekatan dengan Provinsi tetangga  tentu eksistensi Payakumbuh menjadi berarti bagi pelayanan aktivitas ekonomi. Untuk menunjang kesemua itu prasarana dan sarana harus terus ditingkatkan, harap Gubernur.

Gubernur juga berharap kepada Wako dan Wawako yang telah dilantik, lakukan terobosan-terobosan baru dan ciptakan inovasi. Mari pertimbangkan karakter pendidikan serta bagaimana menghasilkan keahlian bidang pendidikan serta pelayanan.

Usai pelantikan, ketua DPD RI Irman Gusman yang diwawancarai wartawan mengatakan, selama lebih kurang tiga tahun Riza menjadi anggota DPD RI banyak ilmu yang telah ia dapat.  Untuk itu dapat pula diimplementasikan, secara politik kiranya ia lebih matang menjadi Walikota, ungkap Irman. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s