Gubernur Irwan Prayitno Berikan Bantuan kepada 80 Kelompok Tani di Pessel


Pesisir Selatan – Bantuan dari Menteri Pertanian melalui dana Kontingensi untuk Sumatera Barat  bertujuan untuk meningkatkan produksi beras. Dengan target 884 ribu ton untuk tahun 2014 maka diberikan bantuan sebesar 56 milyar untuk 880 kelompok tani di 12 Kab/Kota di Sumatera Barat. Masing-masing kelompok tani mendapat  Rp57.400.000.

Untuk Kab/Kota itu disyaratkan memiliki sawah menimal 2000 hektar. Untuk daerah Pesisir Selatan kita berikan sebanyak 80 kelompok tani. Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika Pencanangan (Sekolah Lapangan Pertanian Tanaman Terpadu (SLPTT) Paket Lengkap dan Kontingensi dan Cetak Sawah di Nagari Kambang, Kec. Sungayang Pesisir Selatan, Kamis sore (4/10).

Gubernur didampingi Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit, dan dinas terkait. Pada kesempatan itu Irwan menambahkan, Bupati dan Gubernur terus memikirkan masyarakatnya, baik peluang yang ada di provinsi maupun di pusat, itu baru masalah pertanian yang meliputi perikanan perkebunan dan peternakan.

Irwan juga mengajak kapada seluruh petani di daerah Pesisir Selatan, bagaimana cara meningkatkan hasil pertanian sehingga bisa bertambah dan dapat pula meningkatkan perekonomian keluarga.

Oleh karenanya kita mantapkan pertanian, kita bantu mereka supaya bisa panen 2 kali setahun dan mencapai hasil 10 ton/hektarnya, yang semula dapat hasil 4 ton/hektar.

Bantuan ini dapat dibelikan handtraktor, pupuk, dan bibit sebagai pemacu dalam hasil usaha pertanian di wilayah ini, untuk itu kepada petani ikuti apa yang dikatakan penyuluh pertanian, ujar Gubernur.

Pesisir Selatan merupakan daerah lumbung padi di Sumatera Barat, pada saat bencana tahun lalu tidak lagi mendapatkan perhargaan dari Presiden. Dari tahun ke tahun sawah terus saja berkurang karena dibuat perumahan, kata Nasrul Abit.

Ditambahkannya,  Ia juga mengapresiasi pemerintah provinsi yang sangat konsen terhadap Pesisir Selatan dan tahun 2012 ini kita juga dapat bantuan cetak sawah baru 1000 hektar.  Sebanyak 4100 hektar lagi kita upayakan untuk tahun berikutnya.

Bupati juga mengakui bahwa keterbatasan kita masih banyak, salah satunya yang paling utama sekali yaitu irigasi, ini dikarenakan kemampuan keuangan APBD Pesisir Selatan sendiri yang tidak sanggup untuk itu.

Tapi kita harus punya niat swasembada beras dan jangan terjadi kelaparan.ungkapnya. Lebih lanjut Nasrul Abit mengatakan, kepada penyuluh pertanian, perikanan dan perkebunan mari kita bersama sama mengatasi semua ini.

Bupati juga menyingggung, masih banyak ternak yang berkeliaran di jalan raya, ia menghimbau kepada masyarakat untuk menertibkan ternak yang lepas dipinggir jalan raya, ini sangat vatal sekali bagi kendaraan.

Disamping itu untuk tahun 2012 kita merencanakan membangun dua buah pabrik sawit, semoga niat ini akan tercapai sehingga menambah gairah para petani di daerah ini. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s