Bupati Agam: Hanya via SMS, Gubernur Selalu Datang


Agam – Kita menyambut baik segala bentuk bantuan dan perhatian para perantau kepada kampung halamannya. Ini sebagai bukti kecintaan dan tradisi masyarakat Minang yang ada di perantauan ikut serta membantu pembangunan di daerah-daerah di Sumatera Barat.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam acara penyerahan bantuan perlengkapan pendidikan bagi anak-anak di Jorong Data, Nagari Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Selasa (30/10). Hadir dalam kesempatan tersebut , Bupati Indra Catri, Utusan Perantau Minang Amerika Duta Mardin Umar, Kepala Biro Humas Irwan, S.Sos, MM, Kepala SKPD, beberapa Kepala Sekolah Dasar di lingkungan pemkab Agam.

Lebih jauh Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, kita menyadari berbagai sektor pembangunan di daerah-daerah, terutama daerah-daerah terisolir belum dapat terbantu secara maksimal. Hal ini sangat berkaitan dengan jumlah APBD kita yang amat terbatas, namun dukungan dan bentuk segala perhatian para perantau tentu ini merupakan potensi budaya yang baik dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Sudah banyak pembangunan  jalan sebagai tranpostasi di berbagai pemkab/ko se Sumatera Barat, baik dari bantuan APBD maupun dengan APBN, dan kita akan terus melakukan hal-hal positif ini untuk kemajuan dan sejahteraan masyarakat di Sumatera Barat. Namun kita menyadari tanpa peran serta dan partisipasi masyarakat program pembangunan itu tidak akan mampu sukses sebagaimana yang diharapkan, ujarnya.

Irwan juga menyampaikan, bahwa pengalamannya melihat para perantau minang di Negara Paman Syam itu, tetap mampu mempertahankan budaya dan karakteristik masyarakat. Mereka tetap menjalankan ibadah secara baik dan selalu berkumpul membicarakan apa-apa yang dapat membantu pembangunan dikampung halaman, seperti hari ini.

Dalam keseharian para perantau minang Amerika, mereka lebih mengenal saya sebagai uztad, bukan sebagai Gubernur Sumatera Barat, karena dulu, saya sering memberikan ceramah di beberapa tempat di negara tersebut. Hubungan batin ini terus berlangsung hingga hari ini, sehingga secara sesuatu kita mudah mengajak mereka untuk memajukan kampung halaman mereka masing-masing, ungkapnya.

Bupati Indra Catri dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, perhatian Pemprov Sumbar melalui Gubernur Irwan Prayitno dan para perantau di kabupaten ini, sangat tinggi. Hal ini terlihat dari seringnya Gubernur Sumbar berkunjungan kerja ke daerah ini, bukan dengan surat resmi hanya dengan sms saja beliau selalu datang. Betapa kita melihat kesederhanaan seorang Gubernur Irwan Prayitno dalam menjalankan amanah tugas yang diemban saat ini.

Dan  apresiasi atas kepedulian perantau Minang di Amerika Serikat yang telah memberi bantuan bidang pendidikan. Perantau Minang di AS, kepedulian terhadap kampung halaman tidak diragukan lagi, baik langsung menyerahkan ke daerah atau menyambut ketika berkunjung ke negara tersebut,katanya.

Indra Catri juga menyampaikan, kita juga merasa bersyukur atas berbagai program pembangunan Sumbar yang dilakukan di Agam. Namun kondisi daerah Agam yang begitu luas, belum semua dapat tersentuh secara baik. Oleh karena itu kita setiap tahun terus berharap bantuan pembangunan transportasi jalan dan pendidikan.

Tahun ini ada bantuan Rp. 157 juta pembangunan 3 lokal sekolah baru di Kecamatan Palembayan ini. Dan kita juga berharap ada juga membantu pembangunan jalan Pasa Ahkad – Palembayan sepanjang 26 km. Jika ini dibangun dengan APBD Kabupaten Agam butuh 13 tahun penyelesaiannya, oleh karena itu bantuan melalui APBD Provinsi maupun APBN sangat kita butuhkan, harapnya.

Utusan Perantau Amerika, Duta Mardin Umar mengatakan, sumbangan yang diberikan perantau Minang di Amerika Serikat, sudah yang ke sepuluh kalinya ke sekolah-sekolah di provinsi itu. Terkait, kepedulian terhadap dunia pendidikan sudah menjadi salah satu program bagi perkumpulan perantau Minang di Amerika Serikat. Kita masyarakat tidak melihat kepada nilai yang diberikan perantau, tapi lihat wujud kepedulian yang diberikan perantau terhadap masyarakat di Ranah,” ujarnya.

Menurut dia, sasaran bantuan kepada murid SD, karena diperoleh laporan masih ada anak kemenakan di kampung yang tak sekolah karena terkendala seragam. Penetapan wilayah penerima bantuan, berdasarkan pertimbangan kondisi perkembangannya dan salah satu indikatornya berada di daerah terpencil.

Duta menyebutkan, misi yang digagas perantau Minang di AS, selain bidang pendidikan juga berkaitan dengan menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah.Kemudian yang ketiga, mempromosikan pariwisata dan budaya Minangkabau di negara Paman Sam, dimana pada 2008 telah dimulai dan direncanakan pada tahun depan akan ada penampilan kesenian Minang di AS. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s