Gubernur Irwan Prayitno Terima Penghargaan Lingkungan Hidup


7253_555186891191593_536277599_nJakarta – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno kembali menerima penghargaan bidang lingkungan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional tanggal 10 Juni 2013 di Istana Negara, Jakarta.

Peringatan hari lingkungan hidup se-dunia tahun ini mengambil tema: “ Think, Eat, Save, Reduce Your Food Print” (ubah perilaku dan pola konsumsi untuk keselamatan lingkungan). Terdapat sesuatu yang khas setiap peringatan hari lingkungan hidup, yaitu ditandai dengan diberikannya berbagai penghargaan lingkungan kepada Pemerintah Daerah, kelompok masyarakat dan perorangan yang dianggap telah melakukan upaya penyelamatan/pelestarian lingkungan. Beruntung tahun ini Sumatera Barat menerima 24 Jenis Penghargaan tingkat nasional, Adipura, Adiwiyata, Kalpataru dan SLHD.

Presiden RI pada acara pemberian anugerah menyampaikan, tujuan pemberian penghargaan yang dilakukan setiap tahunnya tidak lain sebagai bentuk motivasi bagi seluruh komponen masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Sesuai dengan tema, mengubah perilaku dan pola konsumsi bukan sesuatu yang mudah, sampai saat ini masih diperlukan bentuk insentif yang diantaranya melalui berbagai bentuk penghargaan. Seberapa efektif penghargaan ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sebenarnya tergantung pada Program Kerja Pemerintah Daerah itu sendiri. Lingkungan ini tidak akan beres hanya dilakukan oleh Institusi Lingkungan Hidup di daerah saja tetapi kekuatannya justru pada pelibatan masyarakat dan koordinasi dari berbagai institusi.

Sehubungan dengan hal tersebut Gubernur Sumatera Barat menyampaikan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat, pihak swasta, perguruan tinggi, LSM dan institusi/lembaga terkait yang telah saling bersinergi dan berkoordinasi sehingga Sumatera Barat memperoleh cukup banyak penghargaan lingkungan tahun ini, juga mengingatkan bahwa penghargaan itu sebenarnya juga merupakan tanggung jawab sosial yang mesti diemban. Pemerintah Daerah berkewajiban membuktikan secara nyata bahwa upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan bukan sesuatu yang sifatnya sesaat tetapi secara berkesinambungan sebagai itikad baik dari pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan hijau. Hal ini tentunya akan terus dipantau dan dinilai masyarakat. Karena itu kita perlu terus berupaya mendorong pemerintah daerah baik Provinsi dan Kab/Kota maupun kalangan dunia usaha untuk meningkatkan program kerjanya terhadap lingkungan.

Irwan mengatakan basis data yang disajikan dalam buku Status Lingkungan Hidup Daerah hendaknya dapat dipergunakan sebagai dasar dalam mengevaluasi dan merumuskan kebijakan di Bidang Lingkungan. Apalagi dalam buku tersebut sudah menyebutkan media dan di mana lingkungan terkritis yang perlu diperhatikan, sumber tekanan dari kegiatan apa saja yang dominan mempengaruhi perubahan kualitas lingkungan serta efektif atau tidaknya upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah terhadap komponen lingkungan dari berbagai sektor.

Beberapa program pemberdayaan masyarakat perlu saling bersinergi. Gubernur melihat bahwa masing-masing dinas memiliki program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara parsial yang apabila diperluas ruang lingkupnya akan menjadi lebih efektif sehingga dapat mengintegrasikan aspek ekonomi sekaligus aspek lingkungan. Sebagai contoh pengembangan pertanian organik dapat sekaligus disinergikan dengan program pemberdayaan masyarakat pengelolaan pasar untuk mengelola sampah melalui 3 R pada instiusi lain. Demikian pula pengembangan peternakan dapat disinergikan dengan pengembangan energi artenatif melalui biogas. Demikian pula dengan program yang dilakukan oleh pihak swasta melalui program Corporate Soscial Responsibiliy (CSR) dapat disinergikan dengan program Pemerintah Daerah setempat agar tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat dan isu lingkungan kritis serta tidak tumpang tindih. [humasprov]

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s