Gubernur Dukung TDA Padang Gelar Pesta Wirausaha


ip015Siap Cetak 10 Ribu Pengusaha

Padang, Padek—Komunitas Tangan di Atas (TDA) siap me­ngembangkan para wirausaha pemula di 10 kota di Indonesia, yakni Padang, Bekasi, Tange­rang, Bandung, Solo, Makassar, Sama­rinda, Palembang, Batam dan Mataram. Upaya itu dila­kukan melalui program Pesta Wira­usaha 2013 pada periode Oktober hingga Desember tahun ini.

 

Untuk Padang, Pesta Wira­usaha TDA digelar pada 30 November dan 1 Desember men­datang. Diundur dari jadwal se­belumnya yang direncanakan 28 Oktober. Pesta Wirausaha TDA Padang ini direspons positif Gu­bernur Sumbar Irwan Prayitno.

 

Dukungan itu disampaikan Gubernur di hadapan pengurus TDA Padang dalam audiensi di Gubernuran, akhir pekan lalu. Gu­bernur mengatakan, visi dan pro­gram TDA yang komit mem­berdayakan wirausaha pemula, selaras dengan program Pem­prov dalam mendorong dunia usaha.

 

“Karakter saudagar Minang yang selama ini cenderung tra­der, harus bergerak ke arah produsen atau industri. Karena itu, komitmen TDA Padang me­ngem­bangkan merek lokal go in­ter­national, bisa disinkronkan de­­ngan program Pemprov,” kata Ir­wan Prayitno yang didampingi Ke­­pala Dinas Koperasi dan UM­KM Sumbar, Ahmad Karisma.

 

Hadir saat itu Ketua TDA Padang Tommy Iskandar, Pena­sihat TDA Ulki Chandra dan Sudarman Yonidarma, Hamdi Wanandi, dan Ketua Panitia Pesta Wirausaha Padang Rini Handayani.

Kepada Gubernur, Tommi memaparkan bahwa Pesta Wira­usaha Padang akan mengha­dir­kan 9 orang pem­bicara nasional dan 5 orang pembicara lokal. Selain itu, juga ada pameran produk-produk lokal dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Suma­tera Barat dan dari daerah-daerah lain di Sumatera.

 

“Pesta Wirausaha Padang menargetkan seribu peserta yang nanti digelar selama dua hari di UPI Convention Centre, Lubeg Padang,” kata Tommy.

 

Terpisah, Presiden TDA Fau­zi Rachmanto mengatakan, rang­kaian acara Pesta Wirausaha tersebut terdiri atas seminar usaha (business seminar), tanta­ngan bisnis (business chalenge), pameran bisnis (business expo), pelatihan bisnis (workshop business) dan penyesuaian bisnis (business matching).

 

Melalui acara ini dia berharap banyak generasi muda tergugah menjadi wirausahawan baru sehingga bisa menyerap tenaga ker­ja dan menggerakkan roda eko­­nomi nasional. “Kita ingin isu ke­­wirausahaan bisa diterima se­mua pihak. Jadi kita ingin gapai se­lu­ruh lapisan, khususnya yang aware kewirausahaan melalui acara Pesta Wirausaha 2013,” ujar Fauzi.

 

Menurut Fauzi, dalam setiap gelaran pesta wirausaha, TDA memberikan komposisi 30 per­sen anggotanya dan 70 persen peserta pemula dari target 500-1.000 peserta di setiap kota.

Dia juga mengaku banyak para tokoh pengusaha anggota TDA yang siap menjadi pem­bicara dalam gelaran tersebut seperti Sandiaga Uno, Yongki Komaladi, Ust Yusuf Mansyur, Radhitya Dhika. Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan perbankan, dalam hal ini BNI, untuk mengembangkan pengu­saha muda melalui kemudahan peminjaman modal usaha. Per­bankan juga tengah membuat produk khusus bagi anggota komunitas TDA berupa pinjaman berbasis kartu debit.

 

Fauzi lalu mengingatkan wirausahawan Indonesia harus mempersiapkan diri menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. “Setiap wila­yah pasti punya ciri khas tertentu yang bisa diangkat secara global. Wira­usahawan baru harus juga dibe­kali dengan kemampuan menge­lola tim yang lebih baik, sehingga dapat berjualan lebih baik,” katanya.

 

Pendiri TDA Nuzli Arismal mengatakan, pengusaha Indonesia juga bisa berkiprah di luar negeri. Menurutnya, komunitas TDA menargetkan pencetakan 10.000 pengusaha miliarder hingga tahun 2015. Pengusaha ini diharapkan tersebar di 100 kota di seluruh Indonesia, di mana saat ini pengusaha anggota TDA baru tersebar di 43 kota. (cr7)

Padang Ekspres 21 Oktober 2013

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s