Ini Lima Kandidat Capres Terkuat PKS


refrizalJAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera akan menyelenggarakan pemilihan raya (pemira) untuk memilih kandidat calon presiden yang akan diusung. Saat ini, sudah ada 22 nama dari kalangan internal PKS yang diusulkan. Sebanyak lima di antaranya diprediksi akan menjadi kandidat terkuat.

“Sekarang ada 22 nama. Tapi, nantinya pemira akan mengeluarkan lima nama dengan suara terbanyak. Lima nama itu diperkirakan tidak jauh dari Tifatul Sembiring, Irwan Prayitno, Hidayat Nur Wahid, Anis Matta, dan Ahmad Heryawan,” ujar anggota Majelis Syuro PKS, Refrizal, di Kompleks Parlemen, Selasa (26/11/2013).

Saat ini, Tifatul Sembiring menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Dia pernah menjadi Presiden PKS sebelum akhirnya mundur dari posisi itu setelah didaulat menjadi menteri di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara Irwan Prayitno kini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat. Sebelumnya, dia adalah anggota DPR dua periode (2004–2009 dan 2009-2014) dari PKS.

Hidayat Nur Wahid kini menjadi Ketua Fraksi PKS. Dia juga sempat menjadi Presiden PKS dan mantan Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR).

Anis Matta adalah mantan Wakil Ketua DPR yang kini menjadi Presiden PKS menggantikan posisi Luthfi Hasan Ishaaq yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap impor daging sapi.

Ahmad Heryawan adalah kader PKS yang kini menjadi Gubernur Jawa Barat periode kedua (2013-2018). Pada periode pertama, 2008-2013, Heryawan memenangi pilkada bersama Dede Yusuf. Kini, Heryawan memimpin Jawa Barat bersama Deddy Mizwar.

Pada tanggl 29-30 November mendatang, jutaan kader PKS akan melakukan pemira di masing-masing Dewan Pimpinan Wilayah. Setelah itu diambil lima suara terbanyak. Kelima nama ini akan disampaikan kepada Majelis Syuro untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan.

Selain proses pemira, PKS juga membentuk tim untuk menelaah kandidat capres ataupun cawapres dari kalangan eksternal. Menurut Refrizal, sejauh ini sudah ada beberapa kandidat capres dan partai politik yang mendekatkan diri kepada PKS.

“Kami perkirakan pada pertengahan Desember sudah ada keputusan soal siapa capres dan cawapres yang akan kami usung,” ujar Refrizal.

kompas.com 26 Nov 2013

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Refrizal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s