Survei Akhir Januari 2014, Mahyeldi-Emzalmi 61,40 Persen


mahyeldippPADANG — Jika pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Padang putaran kedua dilaksanakan hari ini, maka pasangan Mahyeldi-Emzalmi akan melenggang menuju kursi walikota dan wakil walikota. 

Ini berdasarkan survei yang dilakukan Mika Research Center. Menurut lembaga tersebut, untuk pilkada putaran kedua, Mahyeldi-Emzalmi unggul dengan 61, 40 persen, sementara pasangan Desri Ayunda-James Helliward hanya memperoleh 38,59 persen.

Direktur Eksekutif Mika Zulfahmi menyatakan, survei itu dilakukan pada 24-29 Januari 2014 di 11 kecamatan di Kota Padang. Kaedah sampel menggunakan multi stage random sampling hingga ke TPS serta menggunakan daftar pemilih tetap sebagai basis pemilihan responden.

“Jumlah responden dalam survei sebanyak 530 orang dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,5 persen,” kata Zulfahmi dalam acara Ngopi (Ngobrol Politik) yang akan disiarkan Padang TV dipandu host Vinna Melwanti dan co-host Mak Daih.

Menurut survei itu, kecenderungan pemilih beberapa calon walikota pada putaran pertama lalu mengarah ke Mahyeldi. Seperti pemilih Emma Yohanna, pemilih M. Ichlas El Qudsi dan pemilih Ibrahim, ternyata lebih cenderung ke Mahyeldi.

“Sementara pemilih Maigus Nasir terbagi, tapi cenderung ke Deje,” katanya.

Demikian pula dukungan dari beberapa partai tak membawa peningkatan suara yang signifikan kepada perolehan suara Deje.

Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi mengatakan, keunggulan Mah yeldi jika ditinjau dari sisi kepartaian, dia memiliki basis pendukung yang militan. “Sementara partai pendukung Deje kurang memiliki basis massa yang dekat dengan partainya,” katanya.

Namun menurut Asrinaldi, posisi hasil survei ini hanyalah potret responden pada saat ini. Disaat pilkada belum ada kejelasan, posisi itu masih mungkin akan bergeser. “Artinya, pendapat atau pandangan masyarakat bisa saja berubah. Tergantung pada lingkungan yang berada di sekitar mereka yang menjadi stimulus terbentuknya persepsi dan pendapat tersebut,” pungkasnya.

Seperti diketahui, majunya Mahyeldi-Emzalmi dan Desri Ayunda-James Hellyward ke putaran kedua, setelah sebelumnya kedua pasangan tersebut memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua serta menjungkalkan delapan pasangan lainnya. Hanya saja, hingga kini, belum jelas kapan pilkada putaran kedua akan digelar. (BAMBANG)

Singgalang 1 Februari 2014

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Pilkada. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s