Di Balik “Wajah Gamang Minang”


7161387hKompas edisi 15 Februari 2014 memuat ulasan tentang Sumatera Barat. Di antaranya memuat Infografik Provinsi Sumbar dan juga artikel yang berjudul “Wajah Gamang Minang”. Di balik judul itu ternyata isinya cukup memberikan hal hal positif. Sumbar ternyata merupakan provinsi yang terbanyak memproduksi perda syariah. Dan yang mendorong lahirnya perda syariah ini adalah partai-partai nasionalis. Ini merupakan cerminan bahwa aspirasi masyarakat yang religius mampu diserap oleh partai-partai nasionalis untuk dijadikan peraturan daerah.

Sementara itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tingkat provinsi Sumbar lebih tinggi dari tingkat nasional. Sumbar berada di urutan 9 provinsi tertinggi secara nasional.

Berdasarkan infografik yang disajikan Kompas, total belanja daerah naik dari 8,4 triliun (2007) menjadi 13,9 triliun (2012). Indeks Pembangunan Manusia naik dari 72,23 (2007) menjadi 74,70 (2012). Indeks kesejahteraan daerah (IKD) naik dari 58,5 (2007) menjadi 65,1 (2012). Rasio efisiensi relatif penggunaan anggaran terhadap  IKD (2007-2012) adalah 0,48. Ini lebih kecil dari nasional 0,57 yang berarti Sumbar lebih baik dari nasional, karena makin kecil angkanya berarti makin  efisien.

Di masa kepemimpinan Irwan Prayitno yang juga kader PKS, Sumbar menunjukkan prestasi yang lebih baik lagi seperti yang tertera di infografik Kompas. (dep)

About beritapkssumbar

Mengabarkan Kiprah PKS
This entry was posted in Irwan Prayitno. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s